Lampung : Dulu Destinasi Transmigrasi, Kini Destinasi Wisata

Daerah
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio.id : Kalianda - Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir menerima gelar adat kehormatan.

Zulkifli Hasan dinobatkan sebagai bangsawan adat marga Dantara Lampung Selatan. Gelar ini merupakan penghormatan untuk bangsawan atau raja. Sementara kepala adat marga Dantaran dengan gelar Sai Batin, Pangeran Ahmad Fajrin, menobatkan Erick Thohir sebagai Raden Bangsawan.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan menyampaikan, adat yang harus dilestarikan karena konstitusi sesuai Undang-Undang Pancasila, Undang-Undang Dasar dan Undang-Undang.

"Konstitusi yang tertinggi memberi amanat kepada masyarakat untuk melestarikan adat dan budaya daerah sebagai sumber budaya nasional." Ujarnya Sabtu (19/06/21)

Oleh karenanya, ada kerjasama antar masyarakat adat, tokoh-tokoh adat, pemerintah daerah dan masyarakat lainnya agar lestari sesuai dengan perkembangan zaman.

Sementara itu, Erick Thohir mengatakan, provinsi Lampung dulu menjadi bagian dari transmigrasi dan meminta kepada masyarakat untuk merubah image Lampung menjadi tujuan pariwisata bukan transmigrasi.

"Itu dulu ditahun 60-an (daerah transmigrasi : red). Tapi sekarang tahun 2021 tidak lagi, Lampung kini menjadi salah satu destinasi wisata Nasional" puji Eric Tohir.

Diakhir sambutannya Erick juga menyampaikan rasa suyukur dan bahagianya menerima gelar adat dari marga Dantaran Lampung Selatan dan akan menjaga amanat gelar tersebut dengan baik.

Upacara pemberian gelar adat diselenggarakan di SMA Kebangsaan Kalianda Lampung Selatan, Acara dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara adat, mulai dari silat sampai tarian dengan mematuhi protokol kesehatan.

Hadir Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa beserta Jajaran, Kapolres Lampung Selatan, tokoh-tokoh adat, masyarakat adat serta tamu undangan.(db-bngpsp-aap).