Hadiri Musrenbang Provinsi Lampung, Nanang Ermanto Menerima Penghargaan PPD Saburai Terbaik III.

Pemerintahan
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

14:23:05 DBFMRadio.id : Bandarlampung - Rangkaian proses Musrenbang,   merupakan komitmen untuk menciptakan keselarasan pandangan dan harapan dari seluruh pelaku pembangunan dalam memadukan strategi, kebijakan, program dan kegiatan prioritas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini perkembangan perekonomian Provinsi Lampung sudah mulai membaik, ditandai dengan perekonomian Lampung tahun 2021 yang tumbuh positif sebesar 2,79%. Begitu juga capaian indikator makro pembangunan lainnya, seperti menurunnya tingkat kemiskinan dari sebesar 12,76% pada tahun 2020 turun signifikan menjadi sebesar 11,67% pada tahun 2021.

"Musrenbang tahun 2022 sebagai forum lintas pemangku kepentingan pembangunan di daerah, untuk bersama-sama melakukan penajaman, penyelarasan, serta penyepakatan terhadap rancangan RKPD Provinsi Lampung Tahun 2023." Jelas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung Mulyadi Irsan dalam laporannya, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung Tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung tahun 2023 di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Senin (11/04/2022).

Musrenbang kali ini, terus Mulyadi Irsan,  telah memasuki Tahun Ke-4 dari rangkaian RJPMD Provinsi Lampung Tahun 2019 - 2024. Tema : Penguatan Ekonomi  yang inklusif untuk meningkatkan daya saing daerah.

"Ada enam program prioritas yang dibahas. Pertama, meningkatkan investasi produk unggulan. Kedua, meningkatkan sumber daya manusia. Ketiga, pembangunan infrastruktur. Keempat, reformasi birokrasi. Kelima, meningkatkan kehidupan masyarakat yang religi, aman dan berbudaya. Dan Keenam, pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan." rinci dia.

Pada rangkaian Musrenbang kali ini, secara bergantian  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wagub Chusniah Khalim menyerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwa Jurai (PPD SABURAI) Tahun 2022.

PPD Saburai Terbaik I diberikan kepada Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Terbaik II  pada Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Terbaik III, untuk Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan Kota Terbaik, Kota Bandar Lampung.

Lalu, Penghargaan Khusus Kabupaten dengan Capain Makro Pembangunan Terbaik untuk  Kabupaten Pringsewu. Penghargaan Khusus Kabupaten Pelaksana Program Penanggulangan Kemiskinan Terbaik untuk Kabupaten Way Kanan.

Selanjutnya, Penghargaan Perangkat Daerah Terbaik Provinsi Lampung. Terbaik I : Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung. Terbaik II : Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek. Dan terbaik III : Badan Pengambangan Sumber Daya Manusia Provinsi Lampung.(db-aap-jdihlampungprov).