Baru Saja Dilantik, Meski Sekretariat Tidak Punya Aset, BAZNAS Lamsel 2022 -2027 Tetap Akan Bekerja.

SOSBUDPAR
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

14:45:31 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto Melantik Pimpinan dan Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Selatan Periode 2022-2027, di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Setempat, Senin (04/04/2022).

Usai dilantik,  Ketua Baznas Lampung Selatan Mukhlisin mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim seleksi baznas dan Bupati Lampung Selatan yang telah menerima pengurus baznas Lampung Selatan yang baru.

Mukhlisin berjanji akan menjalankan amanah  dari Bupati ini dengan sebaik-baiknya dan sesuai aturan yang berlaku.

"Kami tidak tahu apa kriterianya, sehingga kami diterima menjadi pengurus baznas kabupaten Lampung Selatan. Kami mohon doanya Mudah-mudahan amanah yang berat ini bisa kami laksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang ada", ucap Mukhlisin

Lanjut Mukhlisin, walaupun kepengurusan baznas tersebut sudah terbentuk. Tetapi, didalam kenpengurusan yang baru memulainya dari nol, karena baznas Lampung Selatan tidak mempunyai aset saat kepengurusan yang lama.

"Untuk itulah, kami mohon kepada Bupati Lampung Selatan untuk memfasilitasi kami dalam rangka pergerakan baznas kabupaten Lampung Selatan agar kedepannya benar-benar bisa berjalan sesuai dengan harapan dan rencana kita semua", pungkasnya

Adapun tugas awal kepengurusan Baznas Lampung Selatan yang baru yakni mengelola zakat fitrah dari ASN yang sudah di data oleh kesra bahwa jumlah zakat fitrah dari ASN tidak sedikit. Maka dari itu, Baznas membutuhkan fasilitas kendaraan operasional untuk mengangkut barang.

Sementara sebelumnya, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengungkapkan, selama 5 tahun Baznas Lampung Selatan mengalami kevakuman karena Lampung Selatan saat itu mengalami transisi yang sangat sulit dengan segala aspek yang ada di kabupaten Lampung Selatan.

"Alhamdulillah setelah mengalami tahapan seleksi pimpinan baznas 2022-2027 ini akhirnya terpilih dan ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Lampung Selatan. Yang dalam hal ini baru saya lantik kepengurusannya baik badan pengawas dan pimpinan itu sendiri yang terdiri dari pengurus komisioner dan pengurus pelaksana", pungkas Nanang

Lanjut Nanang, mengenai aset baznas yang tidak terkoordinir sebelumnya maka Pemda Lampung Selatan akan melakukan langkah selanjutnya agar aset baznas Lampung Selatan bisa kembali terkoordinir.

"Selain itu Baznas Lampung Selatan juga sudah mempunyai kantor kesekretariatan yang berada di bawah masjid agung Kalianda, dimana kantor tersebut untuk menjalankan program-program baznas yang bisa membantu pemerintahan daerah", pungkas Nanang lebih lanjut

Nanang Ermanto berharap dengan adanya baznas bisa mempunyai suatu kreativitas dari seluruh jajaran, dimana baznas sebelumnya menjadi suatu renungan untuk menjadi langkah kedepannya agar kepengurusan baznas yang baru bisa berkembang.

"Kalau baznas ini berjalan dengan baik dan dipercaya, didalamnya dibenahi dan dibangun suatu kepercayaan. Bagaimana sumber elemen, pelaku usaha yang ada di Lampung Selatan ini benar-benar percaya dengan baznas", tegas Nanang.(db-bngpsp-aap).