Industri Pengolahan Sebagai Pusat Perekonomian Baru

Ekonomi
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
(16:47:30) DBFMinfo, Bandarlampung : Provinsi Lampung akan mengembangkan industri pengolahan sebagai pusat perekonomian baru, guna mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya. Berdasarkan data, industry pengolahan memberikan kontribusi pada struktur perekonomian Provinsi Lampung sebesar 19,44 persen menampati urutan kedua setelah industry pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 30,00 persen. Berikutnya lapangan usaha utama Lampung diisi perdagangan besar eceran dan reparaasi mobil-sepeda motor menyumbang 11,15 persen.
Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Lampung Irwan Sihar Marpaung mengatakan, jika industri merupakan masa depan Provinsi Lampung yang menjadi pilar utama dalam perekonomian di Provinsi Lampung.
"Sesuai dengan Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP), industri andalan Lampung adalah industri pangan dan industri karet, barang dari karet dan plastik" terang Irwan SM, Senin (12/8/2019).
Penurunan angka kemiskinan melalui penurunan tingkat pengangguran, lanjut mantan Danrem 043/Gatam ini, dapat diwujudkan dengan menumbuhkan industri di Provinsi Lampung baik dalam skala industri kecil, menengah maupun besar.
Sihar Marpaung menambahkan, Dengan posisi Provinsi Lampung yang strategis, ditambah dengan infrastruktur yang ada serta ketersedian lahan yang ada, akan menjadi faktor pendukung bagi pembangunan industri di Lampung. Selain itu, Irwan juga mengatakan diperlukan pula sinergi yang baik antara pemerintah, pelaku usaha, lembaga pendidikan dan masyarakat.
“Dan yang terpenting sinergi dalam internal pemerintahan antara OPD yang menangani sektor hulu atau bahan baku industri dan sektor hilir atau pemasaran, serta OPD yang menangani infrastruktur untuk penunjang industri sehingga industri di Lampung dapat berkembang dengan baik,” jelas dia. (hmsprv).