Program BP TAPERA Bersinergi Dengan Program Strategis Nasional, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Ekonomi dan Bisnis
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

20:08:20 DBFMRadio.id : Kalianda - Analisis Riset Industri Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA) Rahmat Hidayat menjadi narasumber pada Ruang Dialog di Studio DBFM Radio dengan topik "Program Kolaborasi Permudah Miliki Rumah", yang dipandu host Viska, Sabtu (22/05/2021).

Menurut Rachmat Hidayat, Sejak tahun 2015, Presiden Joko Widodo menjalankan program BP TAPERA dengan beberapa program strategis nasional yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk mendapat dukungan berbagai pihak mulai dari pengembang, perbankan dan instansi terkait lainnya.

BP TAPERA sendiri fokus terhadap pembiayaan perumahan dan mempunyai fungsi utama yaitu menghimpun dana rumah  jangka panjang.

"Kedepannya BP TAPERA akan mengadakan iuran/tabungan bagi peserta yang mendaftar dan tabungan tersebut bisa dicairkan ketika peserta pensiun," kata Rahmat

Sementara, Ada 3 manfaat utama bagi peserta yang menabung di BP TAPERA yaitu kepemilikan rumah, pembangunan rumah dan perbaikan rumah.

"Dari 3 manfaat tadi peserta saat akan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ke Bank Tabungan Negara (BTN)  dengan bunga falt (tetap) hingga 20-30 tahun kedepan" jelas dia.

Keunggulan BP TAPERA, lanjut Rachmat, bersifat dan berbasis individu, namun secara Undang-Undang BP TAPERA diatur untuk setiap peserta harus memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku diantaranya harus menjadi nasabah BP TAPERA paling tidak selama 1 tahun.

"Untuk nominal tabungan di BP TAPERA untuk pertama kali di atur oleh kementrian dan akan dirilis ke publik untuk potongan cicilan 3% - 2,5% ditanggung peserta, 0,5% ditanggung instansi tempat peserta BP TAPERA bekerja," ujar Rahmat

Projek kolaborasi antara pemerintah dengan lembaga pemerintah dan BUMN menjadi sinergi, maka dari itu projek kolaborasi dimulai dari ketiga instansi BP TAPERA sebagai pemilik program, BTN sebagai penyedia dana dan PERUM  Perumnas  BUMN bidang  perumahan.

"Untuk menjadi peserta BP TAPERA khususnya Lampung Selatan bisa langsung datang ke PERUM Perumnas dan Bank  BTN untuk mengajukan kepemilikan rumah dengan syarat peserta harus update data dengan mengakses portal resmi tapera.go.id dan untuk update data peserta melalui sitara.tapera.go.id." rinciannya.

Sedangkan permohonan KPR dibagi dalam 3 katagori penghasilan,  kelompok penghasilan upah minum sampai dengan penghasilan Rp. 4 juta,  kelompok penghasilan Rp.4 - 6 juta, ketiga kelompok penghasilan Rp.6 - 8juta.

"BP TAPERA berterima kasih kepada Bupati Lampung Selatan karena sudah membantu mensosialisasikan dan mensuport program BP TAPERA, Diharapkan untuk masyarakat Lampung Selatan khususnya PNS agar segera mendaftarkan menjadi peserta BP TAPERA," tutup Rahmat.(db-bgpsp-aap).